-->

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)


Mapel / Keahlian : Guru Kelas TK

No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Mapel / Keahlian
Indikator Esensial
1.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Merumuskan kegiatan matematika permulaan,

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





2.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar sains

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





3.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Memberikan contoh kegiatan sains permulaan,

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





4.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar bahasa

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





5.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Memilih kegiatan bahasa (membaca permulaan)

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





6.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat menunjukkan konsep dasar studi

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
sosial bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





7.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Memilih kegiatan studi sosial dalam bidang

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





8.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar agama

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





9.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Memilih kegiatan agama dalam bidang

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





10.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat memilih konsep dasar seni dalam

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





11.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Menilai kegiatan seni rupa dalam bidang

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





12.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Menilai kegiatan seni musik & lagu dalam bidang

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





13.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat memilih konsep dasar pendidikan

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
jasmani dalam bidang pengembangan anak


sarana pengembangan untuk setiap bidang
TK/PAUD.


pengembangan anak TK/PAUD.









Halaman 1 dari total 4


No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Mapel / Keahlian
Indikator Esensial
14.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Menentukan kegiatan pendidikan jasmani dalam

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
bidang pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





15.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat memilih konsep dasar kesehatan

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





16.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Menilai kegiatan kesehatan dalam bidang

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pengembangan anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





17.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Dengan ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar gizi

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
dalam bidang pengembangan anak TK/PAUD.


sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





18.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai konsep dasar matematika, sains,
Memilih kegiatan gizi dalam bidang pengembangan

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
anak TK/PAUD.

diampu.
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai



sarana pengembangan untuk setiap bidang



pengembangan anak TK/PAUD.





19.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan
Menentukan penggunaan berbagai alat permainan

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
untuk mengembangkan aspek fisik anak TK/PAUD.

diampu.
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa



anak TK/PAUD.





20.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan
Menelaah penggunaan berbagai alat permainan

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
untuk mengembangkan aspek kognitif anak

diampu.
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
TK/PAUD.


anak TK/PAUD.





21.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan
Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
mengembangkan aspek sosial-emosional anak

diampu.
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
TK/PAUD.


anak TK/PAUD.





22.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan
Menelaah penggunaan berbagai alat permainan

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
untuk mengembangkan aspek moral anak

diampu.
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
TK/PAUD.


anak TK/PAUD.





23.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan
Menelaah penggunaan berbagai alat permainan

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
untuk mengembangkan aspek sosial budaya anak

diampu.
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
TK/PAUD.


anak TK/PAUD.





24.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai penggunaan berbagai alat permainan
Memilih penggunaan berbagai alat permainan untuk

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
mengembangkan aspek bahasa anak TK/PAUD.

diampu.
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa



anak TK/PAUD.





25.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai berbagai permainan anak.
Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang

usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat

diampu.

permainan edukatif anak.




26.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai berbagai permainan anak.
Menggunakan ilustrasi kegiatan bermain pada anak

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang

usia dini, peserta dapat memilih berbagai alat

diampu.

permainan edukatif anak.




27.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir
Menguasai berbagai permainan anak.
Peserta dapat menelaah berbagai alat permainan

keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang

edukatif anak.

diampu.






28.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Memilih kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
bidang pengembangan moral dan nilai agama.

diampu.






29.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam bidang pengembangan bahasa.




30.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam bidang pengembangan sosial-emosi.




31.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menelaah

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam bidang pengembangan kognitif.








Halaman 2 dari total 4


No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Mapel / Keahlian
Indikator Esensial
32.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam bidang pengembangan fisik-motorik.




33.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam bidang pengembangan moral-agama.




34.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam bidang pengembangan bahasa.




35.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Menentukan kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
bidang pengembangan kognitif.

diampu.






36.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Memilih kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
bidang pengembangan sosial emosi.

diampu.






37.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam
Melalui ilustrasi kasus, perseta dapat membedakan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
setiap bidang pengembangan.
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya

diampu.

dalam setiap bidang pengembangan.




38.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang
Melalui contoh kasus, peserta dapat menunjukkan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
pengembangan di TK/PAUD.
kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan

diampu.

di TK/PAUD.




39.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang
Melalui contoh kasus, peserta dapat membedakan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
pengembangan di TK/PAUD.
kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan

diampu.

di TK/PAUD.




40.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang

kegiatan pengembangan nilai agama dan moral di

diampu.

TK/PAUD.




41.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang

tujuan kegiatan pengembangan bahasa di TK/PAUD.

diampu.






42.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
Melalui contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang

kegiatan pengembangan kognitif di TK/PAUD.

diampu.






43.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
Melalui contoh kasus, peserta dapat menentukan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang

tujuan kegiatan pengembangan sosial-emosi di

diampu.

TK/PAUD.




44.
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
Memahami tujuan setiap kegiatan pengembangan.
Melalui contoh kasus, peserta dapat menetapkan

dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang

tujuan kegiatan pengembangan fisik-motorik di

diampu.

TK/PAUD.




45.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan



nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat



perkembangan peserta didik.




46.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat memilih materi bidang pengembangan kognitif



yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta



didik.




47.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat memilih materi bidang pengembangan bahasa



yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta



didik.




48.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan



sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat



perkembangan peserta didik.




49.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menentukan materi bidang pengembangan



fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat



perkembangan peserta didik.




50.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat membedakan materi bidang pengembangan



nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat



perkembangan peserta didik.




51.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan



kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan



peserta didik.








Halaman 3 dari total 4


No.
Kompetensi Inti
Kompetensi Mapel / Keahlian
Indikator Esensial
52.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menelaah materi bidang pengembangan



bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan



peserta didik.




53.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan



sosial-emosi yang sesuai dengan tingkat



perkembangan peserta didik.




54.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi bidang pengembangan yang sesuai
Dengan contoh kegiatan pengembangan, peserta

secara kreatif.
dengan tingkat perkembangan peserta didik
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan



fisik-motorik yang sesuai dengan tingkat



perkembangan peserta didik.




55.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Mengolah materi bidang pengembangan secara
Melalui pemberian ilustrasi kasus, peserta dapat

secara kreatif.
kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
mengorganisasikan materi bidang pengembangan


didik.
secara kreatif menjadi kegiatan yang sesuai dengan



tingkat perkembangan usia 4-5 tahun.




56.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Mengolah materi bidang pengembangan secara
Mengorganisasikan materi bidang pengembangan

secara kreatif.
kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai


didik.
dengan tingkat perkembangan usia 5-6 tahun.




57.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara
Dengan ilustrasi kegiatan, peserta dapat menilai

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
terus menerus.
contoh kinerja sendiri secara terus menerus.




58.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
Peserta dapat merumuskan pemanfaatan hasil

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
peningkatan keprofesionalan.
refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.




59.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
Peserta dapat memilih upaya peningkatan

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
peningkatan keprofesionalan.
keprofesionalan berdasarkan hasil refleksi.




60.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
Peserta dapat memilih contoh masalah dalam

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
peningkatan keprofesionalan.
penelitian tindakan kelas untuk peningkatan



keprofesionalan.




61.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
Peserta dapat memilih contoh kerangka berpikir

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
peningkatan keprofesionalan.
penelitian tindakan kelas untuk peningkatan



keprofesionalan.




62.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
Peserta dapat menyusun contoh rancangan

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
peningkatan keprofesionalan.
penelitian tindakan kelas untuk peningkatan



keprofesionalan.




63.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
Peserta dapat merumuskan hasil penelitian tindakan

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
peningkatan keprofesionalan.
kelas untuk peningkatan keprofesionalan.




64.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari
Mengidentifikasi berbagai sumber belajar untuk

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
berbagai sumber.
mengikuti kemajuan zaman.




65.
Mengembangkan keprofesionalan secara
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari
Dengan contoh nyata, peserta dapat memilih

berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
berbagai sumber.
aktivitas guru yang mengikuti kemajuan zaman



dengan belajar dari berbagai sumber.




66.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat

untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
dalam berkomunikasi.
menunjukkan manfaat teknologi informasi dan



komunikasi dalam berkomunikasi.




67.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat memilih

untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
dalam berkomunikasi.
jenis-jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam



berkomunikasi secara efektif.




68.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Melalui contoh TIK PAUD, peserta dapat

untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
dalam berkomunikasi.
menunjukan manfaat teknologi informasi dan



komunikasi untuk pengembangan diri




69.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Melalui contoh TIK PAUD,peserta dapat menetapkan

untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
dalam berkomunikasi.
upaya pengembangan diri dengan menggunakan



teknologi informasi


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.