KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Guru Kelas TK
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Mapel / Keahlian
|
Indikator Esensial
|
1.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Merumuskan kegiatan matematika
permulaan,
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar sains
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Memberikan contoh kegiatan sains
permulaan,
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar bahasa
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Memilih
kegiatan bahasa (membaca permulaan)
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
6.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat menunjukkan konsep dasar studi
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
sosial
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
7.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Memilih kegiatan studi sosial
dalam bidang
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
pengembangan
anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
8.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar matematika,
sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar agama
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
9.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Memilih kegiatan agama dalam
bidang
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
pengembangan
anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
10.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat memilih konsep dasar seni dalam
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
bidang
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
11.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Menilai kegiatan seni rupa dalam
bidang
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
pengembangan
anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
12.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Menilai
kegiatan seni musik & lagu dalam bidang
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
pengembangan
anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
13.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat memilih konsep dasar pendidikan
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
jasmani
dalam bidang pengembangan anak
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
TK/PAUD.
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
Halaman 1 dari total 4
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Mapel / Keahlian
|
Indikator Esensial
|
|
14.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Menentukan
kegiatan pendidikan jasmani dalam
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
bidang pengembangan
anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
15.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat memilih konsep dasar kesehatan
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
16.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Menilai kegiatan kesehatan dalam
bidang
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
pengembangan
anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
17.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Dengan
ilustrasi kegiatan yang dilakukan anak usia
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
dini, peserta dapat menelaah konsep dasar gizi
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
dalam
bidang pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
18.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai konsep dasar
matematika, sains,
|
Memilih
kegiatan gizi dalam bidang pengembangan
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
bahasa,
pengetahuan sosial, agama, seni,
|
anak
TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai
|
|
|
|
sarana
pengembangan untuk setiap bidang
|
|
|
|
pengembangan anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
19.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai
penggunaan berbagai alat permainan
|
Menentukan
penggunaan berbagai alat permainan
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
|
untuk mengembangkan aspek fisik anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
|
|
|
|
anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
20.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai penggunaan
berbagai alat permainan
|
Menelaah
penggunaan berbagai alat permainan
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
|
untuk
mengembangkan aspek kognitif anak
|
|
diampu.
|
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
|
TK/PAUD.
|
|
|
anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
21.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai
penggunaan berbagai alat permainan
|
Memilih
penggunaan berbagai alat permainan untuk
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
|
mengembangkan
aspek sosial-emosional anak
|
|
diampu.
|
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
|
TK/PAUD.
|
|
|
anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
22.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai
penggunaan berbagai alat permainan
|
Menelaah
penggunaan berbagai alat permainan
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
|
untuk
mengembangkan aspek moral anak
|
|
diampu.
|
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
|
TK/PAUD.
|
|
|
anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
23.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai
penggunaan berbagai alat permainan
|
Menelaah
penggunaan berbagai alat permainan
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
|
untuk mengembangkan aspek sosial budaya anak
|
|
diampu.
|
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
|
TK/PAUD.
|
|
|
anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
24.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai
penggunaan berbagai alat permainan
|
Memilih
penggunaan berbagai alat permainan untuk
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-
|
mengembangkan aspek bahasa anak TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
|
|
|
|
anak TK/PAUD.
|
|
|
|
|
|
25.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai berbagai permainan
anak.
|
Menggunakan
ilustrasi kegiatan bermain pada anak
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
|
usia dini,
peserta dapat memilih berbagai alat
|
|
diampu.
|
|
permainan edukatif anak.
|
|
|
|
|
26.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai berbagai permainan
anak.
|
Menggunakan
ilustrasi kegiatan bermain pada anak
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
|
usia dini,
peserta dapat memilih berbagai alat
|
|
diampu.
|
|
permainan edukatif anak.
|
|
|
|
|
27.
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir
|
Menguasai berbagai permainan
anak.
|
Peserta dapat
menelaah berbagai alat permainan
|
|
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
|
|
edukatif
anak.
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Memilih
kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
bidang
pengembangan moral dan nilai agama.
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam bidang pengembangan
bahasa.
|
|
|
|
|
30.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam bidang pengembangan
sosial-emosi.
|
|
|
|
|
31.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat menelaah
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam bidang pengembangan
kognitif.
|
|
|
|
|
Halaman 2 dari total 4
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Mapel / Keahlian
|
Indikator Esensial
|
|
32.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam bidang pengembangan
fisik-motorik.
|
|
|
|
|
33.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat menunjukkan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam bidang pengembangan
moral-agama.
|
|
|
|
|
34.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, peserta dapat membedakan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam bidang pengembangan
bahasa.
|
|
|
|
|
35.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Menentukan
kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
bidang
pengembangan kognitif.
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Memilih
kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
bidang
pengembangan sosial emosi.
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
|
37.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemampuan anak TK/PAUD dalam
|
Melalui
ilustrasi kasus, perseta dapat membedakan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
setiap
bidang pengembangan.
|
kemampuan anak sesuai usia perkembangannya
|
|
diampu.
|
|
dalam setiap bidang
pengembangan.
|
|
|
|
|
38.
|
Menguasai standar
kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemajuan anak dalam setiap bidang
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menunjukkan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
pengembangan
di TK/PAUD.
|
kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan
|
|
diampu.
|
|
di TK/PAUD.
|
|
|
|
|
39.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
kemajuan anak dalam setiap bidang
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat membedakan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
pengembangan
di TK/PAUD.
|
kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan
|
|
diampu.
|
|
di TK/PAUD.
|
|
|
|
|
40.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
tujuan setiap kegiatan pengembangan.
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
|
kegiatan pengembangan nilai agama dan moral di
|
|
diampu.
|
|
TK/PAUD.
|
|
|
|
|
41.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
tujuan setiap kegiatan pengembangan.
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menentukan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
|
tujuan kegiatan pengembangan bahasa di TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
|
42.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
tujuan setiap kegiatan pengembangan.
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat memilih tujuan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
|
kegiatan
pengembangan kognitif di TK/PAUD.
|
|
diampu.
|
|
|
|
|
|
|
43.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
tujuan setiap kegiatan pengembangan.
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menentukan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
|
tujuan kegiatan pengembangan sosial-emosi di
|
|
diampu.
|
|
TK/PAUD.
|
|
|
|
|
44.
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi
|
Memahami
tujuan setiap kegiatan pengembangan.
|
Melalui
contoh kasus, peserta dapat menetapkan
|
|
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
|
|
tujuan
kegiatan pengembangan fisik-motorik di
|
|
diampu.
|
|
TK/PAUD.
|
|
|
|
|
45.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
46.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat memilih materi bidang pengembangan kognitif
|
|
|
|
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
|
|
|
|
didik.
|
|
|
|
|
47.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat memilih materi bidang pengembangan bahasa
|
|
|
|
yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
|
|
|
|
didik.
|
|
|
|
|
48.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
sosial-emosi
yang sesuai dengan tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
49.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat menentukan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
fisik-motorik
yang sesuai dengan tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
50.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat membedakan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
51.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
kognitif yang sesuai dengan tingkat perkembangan
|
|
|
|
peserta didik.
|
|
|
|
|
Halaman 3 dari total 4
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Mapel / Keahlian
|
Indikator Esensial
|
|
52.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat
menelaah materi bidang pengembangan
|
|
|
|
bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan
|
|
|
|
peserta didik.
|
|
|
|
|
53.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
sosial-emosi
yang sesuai dengan tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
54.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi bidang pengembangan yang sesuai
|
Dengan contoh
kegiatan pengembangan, peserta
|
|
secara
kreatif.
|
dengan
tingkat perkembangan peserta didik
|
dapat menunjukkan materi bidang pengembangan
|
|
|
|
fisik-motorik
yang sesuai dengan tingkat
|
|
|
|
perkembangan peserta didik.
|
|
|
|
|
55.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Mengolah
materi bidang pengembangan secara
|
Melalui
pemberian ilustrasi kasus, peserta dapat
|
|
secara
kreatif.
|
kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
|
mengorganisasikan materi bidang pengembangan
|
|
|
didik.
|
secara kreatif menjadi kegiatan yang sesuai dengan
|
|
|
|
tingkat perkembangan usia 4-5
tahun.
|
|
|
|
|
56.
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Mengolah
materi bidang pengembangan secara
|
Mengorganisasikan
materi bidang pengembangan
|
|
secara
kreatif.
|
kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
|
secara kreatif menjadi kegiatan terpadu yang sesuai
|
|
|
didik.
|
dengan tingkat perkembangan usia
5-6 tahun.
|
|
|
|
|
57.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Melakukan
refleksi terhadap kinerja sendiri secara
|
Dengan
ilustrasi kegiatan, peserta dapat menilai
|
|
berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif.
|
terus menerus.
|
contoh kinerja sendiri secara
terus menerus.
|
|
|
|
|
58.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Memanfaatkan hasil refleksi
dalam rangka
|
Peserta dapat merumuskan
pemanfaatan hasil
|
|
berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif.
|
peningkatan keprofesionalan.
|
refleksi
dalam rangka peningkatan keprofesionalan.
|
|
|
|
|
59.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Memanfaatkan hasil refleksi
dalam rangka
|
Peserta dapat memilih upaya
peningkatan
|
|
berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif.
|
peningkatan keprofesionalan.
|
keprofesionalan berdasarkan
hasil refleksi.
|
|
|
|
|
60.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk
|
Peserta dapat memilih contoh
masalah dalam
|
|
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
|
peningkatan
keprofesionalan.
|
penelitian
tindakan kelas untuk peningkatan
|
|
|
|
keprofesionalan.
|
|
|
|
|
61.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk
|
Peserta dapat
memilih contoh kerangka berpikir
|
|
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
|
peningkatan
keprofesionalan.
|
penelitian
tindakan kelas untuk peningkatan
|
|
|
|
keprofesionalan.
|
|
|
|
|
62.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk
|
Peserta dapat menyusun contoh
rancangan
|
|
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
|
peningkatan
keprofesionalan.
|
penelitian
tindakan kelas untuk peningkatan
|
|
|
|
keprofesionalan.
|
|
|
|
|
63.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk
|
Peserta dapat
merumuskan hasil penelitian tindakan
|
|
berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif.
|
peningkatan keprofesionalan.
|
kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
|
|
|
|
|
64.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Mengikuti
kemajuan zaman dengan belajar dari
|
Mengidentifikasi
berbagai sumber belajar untuk
|
|
berkelanjutan
dengan melakukan tindakan reflektif.
|
berbagai sumber.
|
mengikuti kemajuan zaman.
|
|
|
|
|
65.
|
Mengembangkan keprofesionalan
secara
|
Mengikuti
kemajuan zaman dengan belajar dari
|
Dengan contoh nyata, peserta
dapat memilih
|
|
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
|
berbagai
sumber.
|
aktivitas
guru yang mengikuti kemajuan zaman
|
|
|
|
dengan belajar dari berbagai
sumber.
|
|
|
|
|
66.
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Melalui contoh TIK PAUD, peserta
dapat
|
|
untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
|
dalam
berkomunikasi.
|
menunjukkan
manfaat teknologi informasi dan
|
|
|
|
komunikasi dalam berkomunikasi.
|
|
|
|
|
67.
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Melalui
contoh TIK PAUD, peserta dapat memilih
|
|
untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
|
dalam
berkomunikasi.
|
jenis-jenis teknologi informasi dan komunikasi dalam
|
|
|
|
berkomunikasi secara efektif.
|
|
|
|
|
68.
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Melalui contoh TIK PAUD, peserta
dapat
|
|
untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
|
dalam
berkomunikasi.
|
menunjukan
manfaat teknologi informasi dan
|
|
|
|
komunikasi untuk pengembangan
diri
|
|
|
|
|
69.
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Melalui
contoh TIK PAUD,peserta dapat menetapkan
|
|
untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
|
dalam
berkomunikasi.
|
upaya pengembangan diri dengan menggunakan
|
|
|
|
teknologi informasi
|
EmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.